Minggu, 11 September 2011

PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBYEK

Teknologi informasi saat ini, membutuhkan pengembangan solusi untuk memenuhi kebutuhan yang ada di dunia nyata ini dan meminimalisasi kompleksitas dari perangkat lunak dengan membaginya berdasarkan irarki tertentu berdasarkan fungi yang ada.salah satu pendekatan pengembangan perangkat lunak adalah dengan adanya pendekatan pengembangan perangkat lunak sebelum adanya pendekatan berorientasi objek yaitu pemograman procedural yang membagi sebuah aplikasi berdasarkan berbagai macam fungsi yang ada di dalamnya. Kekurangan dari procedural ini membawa kepada munculnya pemogramaan berbasis objek. Pemograman berbasis obyek dibuat untuk mempermudah pengembangan program yang mengikuti model yang telah ada dalam kehidupan nyata. Yang dimana obyeknya akan saling berinteraksi dan membentuk sebuah sistem .
Pemograman berbasis objek kita dapat mulai dari objek itu sendiri. Di dalam dunia nyata, seluruh hal yang ita lihat adalah objek (seperti : teman,orang tua,pacar, hewan, dll). Dan dalam komputer yang bisa dipelajari adalah seperti C++, java, Delphi, bisa disebut juga sebagai sebuah objek.
Dalam konsep pemograman berorientasi obyek dikenal beberapa istilah umum, yaitu :
-          Attribute
Adalah merupakan bagian yang dimiliki oleh sebuah class yang tidak melakukan operasi tetapi keadaannya dilakukan operasi sehingga dapat merubah nilai dari attribute tersebut.
-          Method
Method atau behavior merupakan bagian yang dimiliki oleh sebuah class yang dapat melakukan operasi, bertindak atau megerjakan sesuatu.
-          Class
Merupakan model yang berisi kumpulan attribute dan method dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.
-          Object
Merupakan perwujutan dari class, setiap object akan mempunyai attribute dan method yang dimiliki oleh classnya. Contoh : amir,joko,anton merupakan object dari class manusia. Setiap object dapat berinteraksi dengan object lainya meskipun berasal dari class yang berbeda.
Adapun paradigma dari Pemograman Berbasis Obyek:
1.       Abstraction
2.       Encapsulation
3.       Inheritance
4.       Polymorph

1.       Abstraction
Abstraction adalah suatu cara untuk meliat suatu object dalam bentuk yang lebih sederhana. Sebagaai contoh kita tidak melihat sebuah mobil sebagai ribuan komponen elektronikm sistem mekanik dengan empat buah ban, jok, stri kemudi, dan sebagainya. Denganabstraction, suatu sistem yang kompleks dapat dipandang sebagai kumpulan subsistem-subsistem yang lebih sederhana, seperti halnya mobil merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai subsistem, seperti subsistem kemudi,subsistem pengereman, dan sebagainya.
2.       Encapsulation
Encapsulation merupakan suatu mekanisme untuk menyembunyika atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interfrensi atau penyalahgunaan dari luar sistem dan sekaligus menyerdanakan penggunaan sistem tersebut.
3.       Inheritance
Inheritance merupakan konsep mewariskan attribute dan method yang dimiliki oleeh sebuah class kepada class yang dibuat cukup mendefinisikan attribute dan method yang spesifik di dalamnya, sedangkan attribute dan yang lebih umum akan didapatkan dari class yang menjadi induknya.
4.       Polymorph
Polymorph merupakan konsep yang memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama untuk memerintahkan suatu object agar melakukan suatu tindakan yang mungkin secara prinsip sama tetapi secara proses berbeda.

Model data berorientasi object disebut dapat member fleksibilitas yang lebih rendah, kemudahan mengubah program dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Sehingga kita bisa lebih memehami suatu proses tanpa bingung dengan apa yang dimaksudkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar